Film dengan Ending Membingungkan, Picu Perdebatan Penonton Hingga Bertahun-tahun

Ekspresi  

3. The Italian Job

Salah satu adegan di film The Italian Job. (Dok. Paramount Pictures)
Salah satu adegan di film The Italian Job. (Dok. Paramount Pictures)

Setelah sebuah kelompok berhasil melakukan pencurian yang berani di Turin, mereka merayakannya dengan liar saat bus mereka meluncur di tikungan jalan pegunungan yang berliku. Saat mereka mengira telah lolos dari bahaya, bus tersebut tergelincir ke tepi tebing.

Dengan berat emas yang mengancam untuk menarik bus ke tepian, Charlie Croker (diperankan oleh Michael Caine) mengatakan bahwa dia punya ide, tapi filmnya berakhir tiba-tiba. Tidak jelas apakah rencananya akan berhasil, atau bahkan apa yang akan terjadi, karena The Italian Job berakhir dengan sebuah cliffhanger (akhir cerita yang menggantung). Dalam beberapa dekade sejak The Italian Job ditayangkan, terdapat banyak teori, namun tidak ada satupun yang dapat dikonfirmasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

4. Us

Salah satu adegan di film Us. (Dok. Universal Pictures)
Salah satu adegan di film Us. (Dok. Universal Pictures)

Film ini mengangkat kisah perjuangan Tethered (klon) untuk bangkit baik secara metaforis maupun harfiah dari tempat tinggal bawah tanah mereka, sampai menghasut pemberontakan dengan kekerasan untuk merenggut nyawa yang mereka yakini pantas mereka dapatkan. Cerita terakhir Us dikemas dengan liku-liku yang mengejutkan, tetapi gambar terakhir menunjukkan Tethered membentuk rantai manusia di seluruh negara, serupa dengan acara amal Hands Across America. Ada beberapa penafsiran berbeda mengenai gambaran ini. Semuanya kembali ke pertanyaan tentang apa yang diwakili oleh Tethered, apakah mereka kelas pekerja Amerika, kelompok etnis tertentu, atau personifikasi dari sudut gelap jiwa manusia.

5. The Graduate

Salah satu adegan di film The Graduate. (Dok. Embassy Pictures Corporation) 
Salah satu adegan di film The Graduate. (Dok. Embassy Pictures Corporation)

Setelah Benjamin Braddock (diperankan oleh Dustin Hoffman) menyelamatkan Elaine Robinson (Katherine Ross) dari pernikahannya, keduanya naik bus. Ketika pelarian mereka mulai mereda, senyuman mereka memudar, dan cobaan yang mereka alami pun memudar. Akhir dari film The Graduate cukup sederhana, namun penonton memperdebatkan apakah ini merupakan akhir yang bahagia atau tidak.

Di satu sisi, Benjamin dan Elaine telah menentang orang tua mereka dan melakukan sesuatu demi keuntungan mereka sendiri, namun ekspresi wajah mereka menunjukkan bahwa mereka mungkin tahu bahwa tindakan mereka tergesa-gesa dan terlalu sentimental.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image