Pesta BBQ Jelang Tahun Baru 2024, Ini Tips Agar Daging Empuk dan Gak Nempel di Panggangan

Cicip  
Daging barbeku (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar daging yang dibuat di pesta barbeku nikmat disantap dan tidak alot. (Dok. Freepik)
Daging barbeku (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar daging yang dibuat di pesta barbeku nikmat disantap dan tidak alot. (Dok. Freepik)

LEISURIAN, JAKARTA -- Menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang menjelang pergantian tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Salah satu aktivitas favorit yang sering dilakukan untuk menambah keriangan sambil menunggu datangnya tahun baru yaitu pesta barbeku (barbeque/BBQ).

Sebelum melakukannya nanti malam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar barbeku berjalan lancar dan daging yang dibakar nikmat sesuai selera. Berikut uraiannya:

1. Pastikan panggangan bersih

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jangan pernah memulai pesta barbeku dengan panggangan kotor. Alat masak yang kotor akan berpengaruh pada rasa masakan. Untuk itu, sebelum mulai memasak, lebih baik pastikan seluruh alat pemanggang bersih. Panggangan yang kotor juga bisa membuat makanan menempel.

2. Panaskan pemanggang

Pastikan pemanggang sudah panas sebelum kamu meletakkan daging, ikan, sosis, dan bahan lainnya. Daging yang diletakkan di atas panggangan panas akan memberikan rasa "gosong" yang nikmat di bagian luar namun tetap juicy di dalam. Ini juga mencegah makanan menempel di panggangan.

Memanggang daging di alat pemanggang panas juga dapat membunuh bakteri. Biasanya diperlukan waktu 10-15 menit untuk memanaskan pemanggang, jadi rencanakanlah dengan tepat.

Jadi berapa suhu yang kamu nginkan? Dikutip dari laman whitneybond.com, berikut ini panduan untuk mengetahui suhu memanggang:

-Panas rendah: suhu panggangan harus 121 hingga 148 derajat Celsius.

-Panas sedang: suhu panggangan harus 148 hingga 176 derajat Celsius.

-Panas sedang tinggi: suhu panggangan harus antara 176 hingga 204 derajat Celsius.

-Panas tinggi: suhu panggangan harus 204 hingga 232 derajat Celsius.

3. Beri minyak pada panggangan

Ini akan membantu mencegah daging tanpa lemak menempel di panggangan. Menyemprotkan minyak ke panggangan dapat menyebabkan kobaran api, untuk itu sebaiknya jangan menggunakannya di atas panggangan. Sebagai gantinya, tuangkan minyak ke atas tisu, lalu gunakan penjepit untuk menggosokkan minyak pada kisi-kisi pemanggang.

4. Jangan keseringan membolak balik daging

Kebanyakan daging hanya perlu dibalik satu kali selama proses memasak. Membolak-balik daging saat dipanggang dapat menyebabkan daging tidak matang secara merata dan dapat menambah total waktu memasak.

5. Tambahkan saus pada daging di akhir proses pemanggangan

Jika berencana mengolesi daging dengan saus, lakukan pada 5 menit terakhir waktu memasak jika total waktu memasak 30 menit atau kurang. Namun jika waktu memasak lebih dari 30 menit, oleskan setidaknya pada 15 menit terakhir waktu memasak. Menambahkan saus barbeku (terutama yang mengandung gula) terlalu dini dalam proses memanggang dapat menyebabkan daging gosong dan menempel di panggangan.

6. Diamkan dulu daging setelah dikeluarkan dari pemanggang

Tergantung pada dagingnya, diamkan setidaknya selama 5-15 menit. Mengistirahatkan daging memungkinkan sari daging didistribusikan kembali ke seluruh daging untuk menghasilkan potongan daging yang lebih juicy dan empuk.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image