Batagor dan Pempek Dinobatkan Camilan Terenak di Dunia

Cicip  
Batagor (atas) dan pempek (bawah). Dua makanan ringan alias camilan asal Indonesia ini masuk dalam Top 100 Snacks in the World. Batagor ada di posisi 1, sementara pempek di posisi 7. (Dok.Taste Atlas/Shutter Stock).
Batagor (atas) dan pempek (bawah). Dua makanan ringan alias camilan asal Indonesia ini masuk dalam Top 100 Snacks in the World. Batagor ada di posisi 1, sementara pempek di posisi 7. (Dok.Taste Atlas/Shutter Stock).

LEISURIAN, JAKARTA -- Camilan asal Indonesia, batagor dan pempek, masuk dalam daftar Top 100 Snacks in the World versi Taste Atlas. Kabar baik ini dirilis di situs web Taste Atlas pada akhir November lalu.

Batagor berada di posisi 1, sementara pempek ada di posisi 7. Di posisi 2 ada kepta duona dari Lituania, posisi 3 ada guotie dari Cina, di posisi 4 ada roti canai dari Malaysia, posisi 5 ada pão de queijo dari Brasil, dan posisi 6 ada esquites dari Meksiko.

Tak hanya dinobatkan sebagai camilan terenak, batagor juga berhasil menyabet posisi 2 kategori Top 100 Street Food in the World. Di kategori tersebut, di posisi puncak ditempati oleh siomai, keduanya sama-sama berasal dari Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Batagor merupakan salah satu camilan atau jajanan terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari perpaduan pangsit, ikan, bakso, tahu, dan tepung yang digoreng. Setelah digoreng, batagor biasanya dipotong kecil-kecil terlebih dulu sebelum disajikan di pirinng. Setelah itu, dilumuri dengan saus kacang, kecap, saus sambal, dan sedikit perasan jeruk nipis.

Kabar baik lainnya datang dari kategori Top 53 Condiments in the World. Bawang goreng asal Indonesia bertengger di posisi 2. Di situs web-nya, Taste Atlas menjelaskan singkat tentang bawang goreng. Mereka menyebut bahwa "bumbu" atau makanan pelengkap tradisional Indonesia.

Bawang goreng dibuat dengan menggoreng bawang merah yang diiris tipis dalam minyak sampai bawang merah menjadi renyah dan berwarna keemasan. Rasanya pahit dan gurih. Setelah disiapkan, bawang goreng biasanya disimpan dalam toples kedap udara agar bisa digunakanan untuk nanti.

Bawang goreng kerap ditaburkan di berbagai masakan Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, bakso, semur, dan sop buntut. Bawang goreng dapat dibeli di sebagian besar supermarket dan toko kelontong di Indonesia. Di posisi 1 kategori ini ada Aceto Balsamico Tradizionale di Modena dari Italia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image