Penampilan Member BTS Sebelum dan Jelang Wamil, Nomor 3 Misterius Banget

Desas Desus  
Enam member BTS dengan potongan rambut botaknya untuk keperluan wajib militer (wamil). Hanya Suga yang belum memperlihatkan penampilan rambutnya selama wamil. (Dok. Instagram member BTS)
Enam member BTS dengan potongan rambut botaknya untuk keperluan wajib militer (wamil). Hanya Suga yang belum memperlihatkan penampilan rambutnya selama wamil. (Dok. Instagram member BTS)

LEISURIAN, JAKARTA -- Ketujuh member BTS sudah semuanya menjalani wajib militer (wamil). Jimin dan Jungkook merupakan member yang terakhir berangkat yaitu pada Selasa (12/12/2023).

Setiap public figure Korea yang berangkat wamil, penggemar menantikan perubahan rambut setiap public figure Korea yang akan menjalani wamil, tak terkecuali para Army (sebutan untuk fans BTS). Memotong rambut hingga botak menjadi salah satu tradisi yang dilakukan para peserta wamil.

Seperti apa penampilan setiap member BTS ketika mau wamil? Simak foto-foto berikut ini:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Jin

Jin BTS. (Dok. Instagram @jin).
Jin BTS. (Dok. Instagram @jin).

Jin sebelumnya memiliki rambut keriting yang agak panjang. Menjelang wamil, Jin memutuskan memangkas habis rambutnya. Jin tak ragu memperlihatkan rambutnya kepada fans sebelum berangkat.

Jin menjadi member pertama BTS yang memulai proses wamil, tepatnya pada 18 Desember 2022. Jin diperkirakan akan selesai wamil pada Juni 2024.

Meski sedang wamil, Jin sesekali menyapa penggemarnya lewat aplikasi Weverse. Salah satu yang terbaru yaitu pada hari ulang tahun ke-31 tanggal 4 Desember 2023. Kala itu Jin menuliskan pesan untuk penggemarnya, "Aku ingin berterima kasih kepada semua orang yang mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku".

Di unggahan itu, Jin juga "memamerkan" bahwa dia baru saja naik jabatan. "Dengan dinas militer yang luar biasa, saya telah dipromosikan sekali lagi, dan saat ini saya menjabat sebagai Sersan Kim Seok-jin (*penting)," kata dia dikutip dari laman Allkpop.

2. J-Hope

J-Hope BTS. (Dok. Instagram/uarmyhope)
J-Hope BTS. (Dok. Instagram/uarmyhope)

J-Hope menjadi member kedua BTS yang memulai wamil. J-Hope berangkat pada 18 April 2023 dan diperkirakan selesai pada Oktober 2024.

Pada Senin (11/12/2023), J-Hope terlihat ikut mengantar RM dan V ke kamp militer. J-Hope sendiri masuk dalam pelatihan militer di Divisi A Angkatan Darat di Provinsi Gangwon. Ketika dia wamil, seluruh member pun ikut mengantar, tak terkecuali Jin.

J-Hope sudah menjadi instruktur. Dia bahkan dipromosikan lebih awal sebagai pemimpin pasukan khusus.

3. Suga

Suga BTS. (Dok. Instagram/@agustd).
Suga BTS. (Dok. Instagram/@agustd).

Mohon maaf Army! Hingga kini Suga belum merilis foto dengan rambut plontos. Dari ketujuh member BTS, aktivitas wamil Suga menjadi yang paling misterius. Penggemar tidak mengetahui bagaimana penampilan Suga maupun di mana dia bertugas selama wamil.

Tak seperti member lain yang sesekali memberi update kabar dari kamp militer, Suga sama sekali belum melakukannya. Namun menurut penuturan Jimin saat melakukan live di Weverse, hal itu bukan karena Suga tidak rindu kepada Army. Justru hal itu dilakukan Suga karena terlalu rindu dengan Army, sehingga jika dia sekali saja menyapa Army, maka kerinduannya akan menjadi-jadi. Suga merupakan member ketiga BTS yang wamil, tepatnya pada 22 September 2023 dan diperkirakan selesai pada Juni 2025.

4. RM

RM BTS. (Dok. BigHit)
RM BTS. (Dok. BigHit)

Leader BTS, RM, sudah memangkas rambutnya dari jauh-jauh hari sebelum wamil. Kala itu, banyak Army menduga RM akan segera berangkat. Namun RM berkilah bahwa dia memotong rambutnya akibat cuaca, dan dilakukan demi kenyamanan.

RM berangkat wamil bersama dengan V pada Senin (11/12/2023). Kepergian RM dan V ditemani oleh para member lain yakni Jin, J-Hope, Suga, Jimin, dan Jungkook. Mereka juga menyempatkan foto bertujuh yang mana foto tersebut seolah menjadi obat rindu bagi Army. RM diperkirakan selesai wamil pada 2025.

5. V

V BTS. (Dok. BigHit/Instagram/@thv)
V BTS. (Dok. BigHit/Instagram/@thv)

V BTS tampang menggemaskan dengan rambut botaknya. Sebelum wamil, dia memanjakan Army dengan mengunggah fotot-fotonya.

Sama seperti RM, V berangkat wamil pada Senin (11/12/2023) dan akan selesai pada 2025. Yang mengejutkan Army, V akan mendaftar ke Special Duty Team (SDY) atau setara dengan Tim Densus 88 di Indonesia. SDT dikenal memiliki proses pelamaran dan program pelatihan yang ketat.

Tugas SDT meliputi pemberantasan terorisme, menjaga personel penting, menangkap kejahatan berat, menyelamatkan sandera, dan banyak lagi. Tugas tingkat tertinggi dan hal-hal yang memerlukan keamanan tinggi diberikan kepada SDT.

6. Jimin

Jimin BTS. (Dok.BigHit/Weverse)
Jimin BTS. (Dok.BigHit/Weverse)

Jimin tampak malu-malu memperlihatkan rambut barunya saat live di Weverse beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Jimin mengatakan bahwa dia tidak akan menunjukkan rambut botaknya. Namun demi Army, dia rela memperlihatkan penampilan barunya.

Jimin dan Jungkook berangkat wamil pada Selasa (12/12/2023). Mereka berdua mendaftar sebagai Companion Soldiers di tempat yang sama.

7. Jungkook

Jungkook BTS. (BigHit/Instagram/@thv)
Jungkook BTS. (BigHit/Instagram/@thv)

Momen debut rambut botak Jungkook menjadi yang paling ikonik. Saat live Weverse berempat bersama RM, Jimin, dan V, Jungkook terus-menerus menggunakan topi dan hoodie. Barulah di akhir siaran, Jungkook berlari 1-2 detik, bermaksud memberi bocoran mengenai Army tentang rambut barunya. Tak hanya Army, member BTS lain dibuat terpingkal oleh tingkah Jungkook.

Jungkook dan Jimin akan menghabiskan waktu wamil bersama. Kabarnya, mereka akan dilatih oleh seniornya, Jin.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image