Film Sekuel yang Justru Lebih 'Laku' Dibandingkan Film Pertamanya

Ekspresi  
Salah satu adegan di film The Dark Knight. The Dark Knight menjadi salah satu film sekuel yang meraih penghasilan lebih tinggi dibandingkan film pertamanya. (Dok. Warner Bros/DC)
Salah satu adegan di film The Dark Knight. The Dark Knight menjadi salah satu film sekuel yang meraih penghasilan lebih tinggi dibandingkan film pertamanya. (Dok. Warner Bros/DC)

LEISURIAN, JAKARTA — Tidak semua sekuel film sesukses film pertamanya. Sebaliknya, ada juga film sekuel yang justru lebih sukses dan laris dibandingkan film pertamanya.

Tidak ada formula khusus yang bisa diterapkan pada semua waralaba. Bagi sebagian orang, dibutuhkan dua atau tiga film untuk memecahkan rekor ini, sementara bagi sebagian lainnya, rekor tersebut tidak pernah tercapai.

Pemasaran, pujian kritis, dan hal-hal lain mungkin menjadi faktor yang paling tidak dapat diprediksi. Penghasilan bukan satu-satunya ukuran untuk menentukan film unggulan, namun hal itu merupakan salah satu metrik yang penting.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Box office jelas bergantung pada minat penonton terhadap ceritanya, dan juga menunjukkan kesuksesan film secara keseluruhan. Dilansir laman Screen Rant, berikut ini beberapa film sekuel yang mampu mencapai angka 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15,6 triliun (kurs saat ini), yang tidak bisa dicapai oleh film pertamanya:

1. The Dark Knight

Salah satu adegan di film The Dark Knight. (Dok. Warner Bros/DC)
Salah satu adegan di film The Dark Knight. (Dok. Warner Bros/DC)

Film pertamanya, Batman Begins, mengumpulkan pendapatan lebih dari 375 juta dolar AS (sekitar Rp 5,8 triliun) seperti dilansir Box Office Mojo. Film sekuelnya berjudul The Dark Knight secara signifikan mengungguli film pertamanya dengan menghasilkan 1,029 miliar dolar (Rp 16 triliun).

Trilogi The Dark Knight karya sutradara Christopher Nolan adalah salah satu adaptasi kisah Batman yang paling disukai. The Dark Knight terkenal dengan penggambaran Joker yang fenomenal oleh aktor Heath Ledger, musuh Batman yang paling berbahaya dan menarik. Sayangnya, aktor tersebut meninggal secara tragis pada2008, dan Joker-nya tidak pernah muncul di film ketiga, The Dark Knight Rises, meskipun hal itu tidak mencegahnya untuk melampaui pendapatan box office dari seri sebelumnya.

2. Lord Of The Rings: The Return of the King

Salah satu adegan di film The Lord of the Rings: The Return of the King. (Dok. New Line Cinema)
Salah satu adegan di film The Lord of the Rings: The Return of the King. (Dok. New Line Cinema)

Film trilogi The Lord of the Rings karya Peter Jackson adalah mahakarya sinematik yang terkenal. Butuh tiga film bagi waralaba tersebut untuk akhirnya melewati ambang batas 1 miliar. Film ketiga yang berjudul The Lord of the Rings: The Return of the King membawa pulang hampir 1,156 miliar dolar AS (Rp 18 triliun) di box office seluruh dunia (melalui Box Office Mojo). Film pertama, The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, debut dengan cukup kuat, menghasilkan 898,5 juta dolar AS (hampir Rp 14 triliun).

3. Top Gun: Maverick

Salah satu adegan di film Top Gun: Maverick. (Dok. Paramount Pictures)
Salah satu adegan di film Top Gun: Maverick. (Dok. Paramount Pictures)

Film Top Gun pertama tampil cukup baik di bioskop, menghasilkan lebih dari 357 juta dolar AS (Rp 5,6 triliun). Berselang 36 tahun kemudian, aktor Tom Cruise kembali untuk film sekuelnya. Top Gun: Maverick mencapai 1,496 miliar dolar AS (Rp 23 triliun). Berkat Top Gun: Maverick yang kini menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada, Tom Cruise memegang rekor box office Hollywood yang tidak mungkin dikalahkan.

4. Skyfall

Salah satu adegan di film Skyfall. (Dok. <a href=Sony Pictures Releasing[)" />
Salah satu adegan di film Skyfall. (Dok. Sony Pictures Releasing[)

Dunia sinematik James Bond telah berkembang pesat sejak film debutnya, Dr No. Sayangnya, film ini hanya berhasil meraup sedikit di atas 16 juta dolar AS (Rp 249 miliar). Agen 007 membutuhkan waktu setengah abad untuk mendapatkan pendapatan box office yang layak diterimanya. Skyfall dapat menghasilkan 1,142 miliar dolar AS (Rp 17 triliun).

5. Furious 7

Salah satu adegan di film Furious 7. (Dok. Universal Pictures)
Salah satu adegan di film Furious 7. (Dok. Universal Pictures)

Film Fast and the Furious adalah salah satu serial film terlaris sepanjang sejarah. Anehnya, awalnya kecil, dengan angsuran pertama menghasilkan sedikit di atas 207,5 juta dolar AS (Rp 3 triliun).

Tampaknya mustahil bahwa sekuelnya akan mencapai angka 1 miliar dolar AS, tetapi film ketujuh, Furious 7, mampu menghasilkan 1,515 miliar (Rp 23 triliun). Film Furious 7 menampilkan mendiang Paul Walker dalam peran terakhirnya. Ini menjadi kesimpulan sempurna dari sebuah cerita yang luar biasa.

Meskipun sang aktor telah meninggal, Furious 7 tetap mempertahankan sebagian besar akhir aslinya. Itu merupakan penghormatan yang indah untuk mendiang bintang tersebut.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image