Aulia Rakhman, Komika yang 'Dirujak' Warganet Setelah Dianggap Hina Nabi Muhammad SAW

Desas Desus  
Tangkapan layar komika asal Lampung, Aulia Rakhman, dalam sebuah video permintaan maaf setelah menjadikan nama Muhammad sebagai materi lawakannya. (Dok. Instagram/@auliarakhman90)
Tangkapan layar komika asal Lampung, Aulia Rakhman, dalam sebuah video permintaan maaf setelah menjadikan nama Muhammad sebagai materi lawakannya. (Dok. Instagram/@auliarakhman90)

LEISURIAN, JAKARTA -- Nama Aulia Rakhman mendadak viral pada Jumat (8/12/2023). Hal ini terjadi seusai videonya beredar di jagad media sosial. Di video yang sudah diunggah banyak akun, Aulia menjadikan nama Muhammad sebagai salah satu materi lawakannya di acara Desak Anies di Bandar Lampung pada Kamis (7/12/2023).

Materi stand up comedy yang dibawakannya dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Ini bagian materi lawakan Aulia yang membuat publik marah dan mengecamnya:

"Sebenernya arti nama Aulia itu bagus, pemimpin, sahabat, orang yang dicintai, gitu. Cuma kan sekarang apa sih arti nama kayak penting aja gitu ya. Coba lo cek di penjara, ada berapa nama yang namanya Muhammad di penjara? Kayak penting aja nama Muhammad sekarang ya", ujarnya ketika tampil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sontak saja, materi tersebut membuat Aulia "dirujak" warganet. Hampir semua komentar di video tersebut mengecam Aulia. Misalnya dalam video yang diunggah ulang oleh Instagram Republika Online, di kolom komentar, warganet menghujani Aulia dengan kecaman.

Misalnya akun @kak_i*** yang mengatakan, "Sengaja itu mah karena biasanya dia gak lucu jadi biar populer aja dia hina nama Nabi Muhammad. Itu sebab kedunguannya yang gak bisa kreatif membuat materi stand up. Langsung pake jalan pintas. Bentar lagi bakal terkenal harapannya".

Ada pula akun @aim*** menulis, "Dia memakai nama yang Agung untuk dijadikan lelucon, berusaha ngelucu tapi jatuh pada penistaan. Ini bener-bener pelecehan".

"Nah dia sekarang yang masuk penjara," kata akun @agungnugroh***.

Menghadapi derasnya hujatan publik, Aulia akhirnya meminta maaf dan menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak bermaksud menghina nama Nabi Muhammad SAW.

"Saya tidak ada maksud sama sekali menyindir Nabi Muhammad SAW. Saya hanya bermaksud menyindir orang yang banyak memiliki nama Muhamamd, tapi beberapa dari mereka kelakuan tidak mencerminkan arti dari nama tersebut," kata Aulia di akun Instagramnya @auliarakhman90.

Dia juga memohon maaf dan menyesali apa yang telah diucapkannya itu. "Saya menyesali perbuatan saya, apa yang saya sampaikan di acara tersebut. Saya Mohon maaf pada umat Islam secara keseluruhan dan umat beragama lainnya, tidak ada maksud sama sekali untuk menghina Nabi Muhammad atau menistakan agama saya. Mohon maaf saya menyesali perbuatan saya, saya menyadari kesalahan saya. Saya minta maaf kepada umat Islam, umat beragama lainnya, dan kepada semua yang mencintai Nabi Muhammad SAW," jelasnya lagi.

Dilansir laman Republika.co.id, pada Sabtu (9/12/2023), Komunitas Lingkar Nusantara (Lisan) Lampung melaporkan Aulia Rakhman ke Polda Lampung. Lisan menilai materi dan ucapan Aulia dianggap sebagai pelecehan terhadap Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, Aulia dikabarkan sudah berada di Polda Lampung pada Jumat (8/12/2023) malam untuk menjalani pemeriksaan terkait video stand up-nya yang viral.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image