Film dengan Ending Membingungkan, Picu Perdebatan Penonton Hingga Bertahun-tahun

Ekspresi  
Poster film Inception. Inception menjadi salah satu film yang memiliki akhir kisah membingungkan dan memicu perdebatan di antara penonton. (Dok. Warner Bros Pictures)
Poster film Inception. Inception menjadi salah satu film yang memiliki akhir kisah membingungkan dan memicu perdebatan di antara penonton. (Dok. Warner Bros Pictures)

LEISURIAN, JAKARTA — Adegan akhir sebuah film dapat memengaruhi perasaan penonton terhadap keseluruhan cerita. Namun tak jarang bagian akhir film justru sangat membingungkan penonton sehingga menjadi perdebatan selama bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun.

Akhir kisah yang membingungkan biasanya terbagi dalam salah satu dari dua kategori. Kategori pertama adalah akhir yang sengaja dibuat ambigu, di mana penonton dihadapkan pada pertanyaan yang belum terjawab tentang apa yang terjadi selanjutnya atau apa yang baru saja mereka lihat. Kategori kedua adalah adegan membingungkan yang membuat penonton harus mendekonstruksi maknanya sendiri.

Apa pun jenis akhir membingungkan yang dipilih pembuat film, sebuah film dapat bertahan lebih lama dalam ingatan jika meninggalkan misteri. Tidak selalu mudah untuk mencoba dan menghasilkan akhir yang ambigu, tetapi jika dilakukan dengan baik, penonton akan menggaruk-garuk kepala untuk waktu yang lama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini beberapa film yang membuat penonton bingung dan memicu perdebatan hingga bertahun-tahun, seperti dilansir Screen Rant, Ahad (3/12/2023):

1. Blade Runner

Salah satu adegan di film Blade Runner. (Dok. Warner Bros)
Salah satu adegan di film Blade Runner. (Dok. Warner Bros)

Misteri di akhir film fiksi ilmiah karya sutradara Ridley Scott, Blade Runner, menyoroti misteri yang sama yang terjadi di seluruh film: apakah Rick Deckard (Harrison Ford) manusia atau pengganda? Ada beberapa petunjuk yang tersebar di sepanjang film bahwa Deckard mungkin bukan manusia. Aktor Harrison Ford menganggap Deckard adalah pengganda, tetapi Blade Runner kurang eksplisit.

2. Inception

Salah satu adegan di film Inception. (Dok. Warner Bros)
Salah satu adegan di film Inception. (Dok. Warner Bros)

Sutradara Christopher Nolan jelas merupakan sutradara yang menyukai akhir film yang ambigu atau membingungkan. Film karyanya yakni Tenet dan Interstellar adalah contoh film yang bagus dengan akhir cerita yang memerlukan banyak penayangan, tetapi Inception mungkin menghadirkan teka-teki yang paling bertahan lama.

Film thriller yang mencengangkan ini mempermainkan konsep realitas, dan bagian akhir tidak menjawab secara pasti apakah Dominic Cobb (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) masih bermimpi atau tidak. Dia menggunakan gasing yang berputar untuk membedakan antara dunia nyata dan alam bawah sadarnya sendiri, dan gasing tersebut sedikit terputus-putus saat film berubah menjadi hitam. Ada banyak teori yang terus-menerus tentang Inception yang mencoba memecahkan kode film tersebut, bahkan lebih dari satu dekade setelah dirilis.

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image