Bosan dalam Pernikahan? Jangan Gegabah untuk Pisah, Perbaiki dengan Cara Ini

Bugar  
Rumah tangga mengalami kebosanan (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan rumah tangga dari kebosanan. (Dok. Freepik)
Rumah tangga mengalami kebosanan (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan rumah tangga dari kebosanan. (Dok. Freepik)

LEISURIAN, JAKARTA — Ketika rumah tangga telah memasuki usia bertahun-tahun, bisa jadi rasa bosan perlahan menghinggapi suami atau istri, bahkan keduanya. Jika tidak diatasi, perasaan bosan dapat memicu awal dari berakhirnya hubungan.

Meski begitu, bukan berarti hubungan rumah tangga Anda akan berakhir ketika didera kebosanan.

“Kebosanan dalam suatu hubungan bukan sebuah ‘sertifikat kematian’, tapi ini adalah peringatan bahwa hubungan Anda perlu diperbaiki,” ujar coach pernikahan di Amerika Serikat, dr Jacquie, dikutip dari laman Best Life, Ahad (3/12/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dia mengatakan, kebosanan cenderung muncul ketika kegembiraan dalam fase bulan madu memudar dan Anda mulai menjalani rutinitas sehari-hari. “Kebosanan adalah fase alami, namun mengatasinya adalah kunci hubungan yang berkembang,” kata dia.

Bagaimana cara mengatasi kebosanan dalam rumah tangga? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Temukan kembali minat bersama

Dr Jacquie mengatakan, salah satu cara terbaik untuk menghidupkan kembali minat satu sama lain adalah dengan menjalin ikatan pada hal-hal yang Anda dan pasangan sukai bersama. Menemukan kembali minat bersama bisa menjadi cara ampuh untuk menyalakan kembali api hubungan.

“Ini berhasil karena memanfaatkan kegembiraan awal yang menyatukan Anda dan menciptakan pengalaman baru yang positif,” kata dia.

2. Prioritaskan waktu berkualitas

Dia menyebut, memprioritaskan waktu berkualitas bersama adalah hal yang tidak bisa dinegosiasikan ketika Anda ingin mengatasi kebosanan dalam hubungan. Anda dapat memasak makanan yang menyenangkan bersama, keluar rumah, menghadiri pertemuan sosial, atau sekadar menjadwalkan waktu untuk memulai percakapan baru.

Di tengah kesibukan, mendedikasikan momen bermakna satu sama lain akan memupuk hubungan. “Ini efektif karena memperdalam keintiman emosional, mengingatkan Anda berdua tentang alasan pertama kali Anda jatuh cinta,” ujar dr Jacquie.

3. Perkenalkan kembali hal-hal baru

Cara lain untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan adalah dengan mengubah rutinitas sehari-hari dengan sedikit spontanitas. Menurut dia, menyuntikkan hal-hal baru ke dalam rutinitas rumah tangga bisa membawa perubahan besar. Bisa jadi dengan mencoba aktivitas baru, mengeksplorasi ide kencan yang berbeda, atau bahkan memperkenalkan elemen kejutan. “Kebaruan menjaga hubungan tetap segar, mencegah monoton,” kata dr Jacquie.

4. Berkomunikasi secara terbuka

Komunikasi adalah landasan dari semua hubungan. “Pasangan sering kali meremehkan kekuatannya,” kata dr Jacquie.

Dengan mendorong diri Anda untuk berkomunikasi lebih terbuka dan meminta pasangan melakukan hal yang sama, Anda mungkin mencapai ketinggian dan kedalaman baru dalam kebersamaan.

“Ungkapkan secara eksplisit kepada pasangan apa yang menggairahkan Anda, keinginan, impian, dan fantasi Anda,” ujarnya.

5. Berinvestasi dalam pertumbuhan diri pribadi bersama

Terkadang kebosanan yang Anda rasakan dalam hubungan tidak ada hubungannya dengan pasangan Anda, melainkan lebih karena stagnasi Anda sendiri. Dr Jacquie merekomendasikan berinvestasi dalam pengembangan pribadi bersama, yang akan membantu Anda tumbuh baik secara individu maupun sebagai pasangan.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan ikatan Anda tetapi juga memperkenalkan dimensi baru pada hubungan Anda,” ujarnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image